BJTV.eu

Pelajaran Matematika Kekongruenan dan Kesebangunan

Bimbel Jakarta Timur | Bimbel Diah Jakarta Timur | WA : +6285875969990

 

Dua bangun dikatakan kongruen jika semua sisinya sama panjang serta sudut-sudut bersesuaian sama besar. Dua buah segitiga dikatakan kongruen jika terbukti ketiga sisi yang bersesuaian sama panjang (sisi, sisi, sisi), atau dua sudut yang mengapit sisi yang sama panjang besarnya sama (sudut, sisi, sudut) atau dua sisi yang mengapit sebuah sudut yang sama besar mempunyai panjang yang sama (sisi, sudut, sisi). Dua buah bangun datar dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.

Dalam bidang matematika, dan khususnya geometri, kongruensi dan kesebangunan adalah istilah yang terkait. Kongruensi pada dasarnya berarti bahwa dua sosok atau benda memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Meskipun objek yang kongruen adalah identik, orientasinya terhadap satu sama lain, dan koordinat fisiknya dalam bidang atau ruang tiga dimensi, akan sering berbeda. Misalnya, dua segitiga yang ditunjukkan di bawah ini adalah segitiga sama sisi dan memiliki sisi yang sama panjang. Dengan demikian mereka kongruen, meskipun segitiga di sebelah kanan terbalik.

Perbedaan antara kongruen dan kesamaan dapat dipahami melalui dunia matematika. Bentuk, proporsi, dan sudut semuanya berperan dalam mendefinisikan dua kata ini.

Apa tiu Kongruen?

Kata kongruensi berasal dari kata Latin congruo, yang pada dasarnya berarti saya setuju. Dalam geometri, jika dua objek digambarkan sebagai kongruen, implikasinya adalah bahwa satu objek dapat dipetakan secara tepat ke objek lainnya. Dengan kata lain, mereka memiliki bentuk dan ukuran yang sama, tetapi seringkali tidak berbagi lokasi atau orientasi yang sama. Dua bentuk dua dimensi yang kongruen, misalnya, dapat hidup berdampingan pada bidang yang sama, atau berada pada bidang yang berbeda. Dua bentuk tiga dimensi yang kongruen dapat hidup berdampingan dalam ruang tiga dimensi yang sama, tetapi memiliki koordinat spasial yang berbeda dan dapat diorientasikan secara berbeda di sekitar sumbu x, y, dan z.

Bentuk kongruen memiliki ukuran yang identik dan bertepatan satu sama lain ketika ditumpangkan. Dua benda yang kongruen memiliki ukuran dan bentuk yang sama, tetapi orientasi atau penempatannya dalam suatu ruang dapat berbeda. Ini tidak mengubah fakta bahwa mereka sama karena mereka memiliki sifat fisik yang sama, sudut yang sama, serta ukuran yang sama.

Dalam ruang 3D mereka mungkin memiliki koordinat khusus yang berbeda dan diorientasikan secara berbeda di sekitar sumbu XYZ mereka. Namun, mereka masih kongruen karena semua sisinya sama. Semua sudutnya sama, dan bentuknya sama. Seni pemetaan dua bentuk kongruen didasarkan pada translasi, rotasi dan refleksi bentuk dan bentuk harus dapat bergerak melalui sudut yang berbeda atau membalik untuk dipetakan secara tepat.

Benda-benda yang kongruen adalah tepat dalam ukuran dan bentuk dan ukuran. Sekilas bagi mereka yang tidak tahu, kedua bentuk yang dibandingkan mungkin tampak berbeda karena cara penempatannya. Namun, ketika mereka dipetakan atau diputar mereka adalah replika yang tepat satu sama lain dan karena itu akan kongruen.


Apa itu Kesebangunan?

Kata Kesebangunan dalam Bahasa Inggris adalah Similarity berasal dari bahasa Latin 'similis' yang berarti seperti, menyerupai atau serupa. Kemiripan dalam dunia matematika mengharuskan dua benda memiliki bentuk yang sama tetapi tidak harus sama ukurannya.

Kesebangunan berarti bentuk dan proporsi yang sama, tetapi tidak harus sama ukurannya. Sudut-sudut bangun yang sebangun akan sama, tetapi panjang sisi-sisinya biasanya tidak sama.

Kesebangunan berarti bahwa dua sosok atau benda memiliki bentuk yang sama, meskipun biasanya tidak berukuran sama. Dua lingkaran akan selalu sebangun, misalnya, karena menurut definisi mereka memiliki bentuk yang sama. Namun, jika lingkaran memiliki jari-jari yang berbeda panjangnya, mereka tidak akan kongruen

Materi kongruen dan kesebangunan dipelajari di kelas 9. Berikut ini adalah soal-soal latihan beserta pembahasannya untukmu berlatih materi tersebut. Selamat mencoba !

Tag:

rumus kesebangunan
soal dan pembahasan kesebangunan dan kekongruenan pdf
kesebangunan segitiga
kesebangunan trapesium
contoh soal hots kesebangunan
arti kesebangunan dan contohnya
contoh soal kekongruenan dan kesebangunan kelas 9
contoh soal kekongruenan segitiga
contoh soal kekongruenan dan kesebangunan kelas 12
contoh soal kekongruenan dan jawabannya
soal kekongruenan bangun datar
soal hots kesebangunan dan kongruen
soal ulangan kesebangunan dan kekongruenan doc
soal kesebangunan dan kekongruenan kelas 9 pdf
rumus kongruen

Bimbel Jakarta Timur BJTV.eu

web bjtv.eu bimbel jakarta timur adalah sebuah situs web mendukung saluran YouTube yang menyediakan layanan bimbingan belajar di Jakarta Timur

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama